Selamat Datang di blog sederhana saya,Semoga apa yang Kalian Inginkan dapat terpenuhi disini.

Part 3 : Citra Biner dengan Java

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu
 Jumpa lagi...kali ini saya mau ngelanjutin artikel sebelumnya tentang pengolahan citra dengan java dan kali ini saya mau bahas tentang citra biner.

Apa itu citra biner ??

Citra biner adalah citra yang mempunyai nilai keabuan 0 dan 1 atau kalo divisualisasikan menjadi citra dengan dua warna yaitu hitam dan putih.kayak gini nih contohnya.

loh kok bisa jadi gitu...???

awalnya kita buat citra jadi citra grayscale dengan menyamakan nilai RGB untuk masing masing piksel.Kalo belum ngerti citra grayscale bisa direview di artikel sebelumnya di sini. 

setelah menjadi citra grayscale yang mempunyai rentang nilai 0 sampai 255,kita tentukan treshold atau ambang batas untuk menjadikan citra biner dengan rumus sebagai berikut.

T adalah Treshold atau ambang batas
1if adalah nilai keabuan dari piksel

contoh : saumpama treshold = 120,dan nilai kea uan dari piksel(2,2)=150,karena 150 lebih besar dari treshold maka piksel(2,2) menjadi 1 atau putih.dan begitu seterusnya.

Lankah langkahnya sebagai berikut
1.   Tentuka nilai T,Import dan load gambar yang akan diproses
      


2.   Jadikan citra grayscale dengan menyamakan nilai RGB ((R+G+B)/3) untuk masing masing piksel
3.   Bandingkan nilai gray dengan nilai T,jika lebih besar dari T maka nilai piksel(y,x)=1,jika lebih kecil dari     T   maka nilai piksel(x,y)=0
4.   Lakukan langkah ke 2 dan 3 sampai semua piksel selesai di load.
5.   jadikan  file gambar  dan simpan di komputer

citra asli

dan setelah di proses menjadi seperti ini




Naah...seperti itulah kira kira implementasinya menurut versi saya...kalo mungkin ada yang kurang tepat,mohon dikoreksi.

sekian dulu ya gan...kita lanjutin dilain waktu.Sampai jumpa









Share:

0 comments:

Post a Comment

  • ()
  • ()
Show more

Halaman