Selamat Datang di blog sederhana saya,Semoga apa yang Kalian Inginkan dapat terpenuhi disini.

Dasar Dasar Pemrograman VRML

Halo gan...jumpa lagi dengan saya.Mumpung senggang saya mau nulis lagi ini tapi agak beda topiknya dari yang kemarin kemarin.Kali ini saya mau bahas tentang VRML.

Apa itu VRML ?

       VRML (Virtual Reality Modeling Language) Adalah sebuah bahasa pemrograman yang di ciptakan khusus untuk membuat objek-objek 3D.Objek-objek yang dibuat dengan VRML akan memiliki tiga buah dimensi yaitu panjang,lebar,dan kedalaman sehingga dapat di pandang dari setiap sudut.
       VRML dijalankan di web browser dengan bantuan tool seperti Cortona bisa di download di sini.Untuk tool pemrograman bisa menggunakan VRMLPad.

Struktur Dasar VRML




Header : Harus ada dalam setiap program vrml
Node   : Setiap objek di definisikan di dalam node Shape.Node mempunyai dua field yaitu appearance  dan  geometry.
setiap field / anak node mempunyai atribut atau nilai yang digunakan untuk membentuk objek.

Appearance

 Appearance bersifat opsional.Appearance digunakan untuk membentuk tampilan objek seperti warna,dll.
appearance memiliki atribut antara lain :
  1. Material
  2. Texture
  3. Texture Coordinate
  4. Texture Transform

Geometry

Geometry digunakan untuk membentuk objek seperti silinder,lingkaran,kubus dll.

Kubus
Kubus didefinisikan dengan syntax Box.contoh :

geometry Box{
     size 2 2 2
}
atribut size merupakan atribut untuk membentuk nilai panjang,lebar dan tinggi.panjang,lebar,dan tinggi mempunyai nilai foating point

Lingkaran
Untuk membuat objek lingkaran didefinisikan menggunakan Sphere.Sphere mempunyai atribut radius untuk mengeset nilai jari jarinya.Contoh :

geometry Sphere{
   radius 1
}

dan masih banyak lagi yang lain seperti Cone ( kerucut ),Cylinder ( silinder ),Pontset ( titik ) dll.

      Sementara segitu dulu tulisan saya kali ini.Yahh...mungkin kalimatnya masih acak acakan tp semoga bisa menambah referensi agan agan semua.Pada tulisan selanjutnya saya akan lanjutkan dengan contoh pembuatan objek 3D.Sampai jumpa.
Share:

0 comments:

Post a Comment

  • ()
  • ()
Show more

Halaman

Blog Archive