Selamat Datang di blog sederhana saya,Semoga apa yang Kalian Inginkan dapat terpenuhi disini.

Part 6 : Menampilkan Histogram di Java

Artikel ini menyambung tulisan saya yang sebelumnya mengenai pengolahan citra khususnya tentang Histogram.

Setelah sebelumnya saya menulis tentang pengertian histogram,kali ini saya akan melanjutkan teknisnya dalam pembuatan histogram.

Langkah langkahnya sebagai berikut.
  1. ambil gambar yang akan di tampilkan histogramnya
  2. set nilai x = 0
  3. jika x<tinggi gambar,maka lanjutkan ke langkah 3,jika tidak,panggil fungsi menampilkan histogram
  4. set nilai y = 0
  5. jika y < lebar gambar,lanjutkan ke langkah 6,jika tidak kembali ke langkah 2 dengan x + 1 
  6. ambil nilai RGB dari piksel (y,x)
  7. jadikan grey dengan rumus grey = Red+Green+Blue / 3
  8. Tambahkan 1 nilai untuk array nilai intensitas grey  : histogram[grey] += 1
  9. kembali ke langkah 5 dengan nilai y+1
  10. selesai
Dan jika di gambarkan dalam bentuk flowchart kira kira seperti ini





Nah



Nah dari langkah tersebut,berikut implementasinya di java

dan dengan percobaan gambar berikut


didapat hasil histogram seperti ini





Catatan : Gambar yang saya olah tersebut adalah gambar jpg

Nah,kira kira sudah paham ?? ayau malah bingung ??
 Source code sengaja saya jadikan gambar agar agan mau mencoba ngoding langsung dan gak sekedar copy paste dan juga karena saya males koding ulang,hehehe....
Kalo ada uneg uneg,pertanyaan,atau koreksi dari tulisan ini monggo ditulis di kolom komentar saya terima dengan senang hati.Akhir kata dari saya sampai jumpa di lain kesempatan terima kasih
Share:

0 comments:

Post a Comment

  • ()
  • ()
Show more

Halaman

Blog Archive